BACA !!! KISAH KISAH TELADAN.......INSPIRASI HIDUP SEORANG MUSLIM

17 Februari 2009

Internet bagi dunia pendidikan di tanah air (2)


Internet bagi dunia pendidikan di tanah air (2):
Bagi guru dan siswa internet menawarkan berbagai kemudahan, bahkan memberikan keuntungan yang sangat banyak dalam kegiatan belajar mengajar. Internet juga merupakan sarana komunikasi dan interaksi (tidak langsung) antara guru dan siswa, yang mampu menyatukan pikiran dan pendapat mereka dalam forum maupun kegiatan yang sama di dunia pendidikan.

Bagi para guru, internet menawarkan beberapa kesempatan yang cukup bagus, diantaranya adalah :
Pengembangan Profesional
Dengan internet guru dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang materi pelajaran (materi ajar), dapat berbagi sumber berita (apapun) dengan rekan sejawat (baik didalam maupun diluar departemen sekalipun), juga merupakan sarana bekerjasama dengan pihak lain. Termasuk didalamnya sebagai sarana untuk mengumumkan atau menerbitkan hasil karya (termasuk didalamnnya tugas-tugas untuk siswa), berkomunikasi dengan pihak lain, serta berpartisipasi dalam forum diskusi maupun kegiatan yang lain dengan rekan sejawat yang ada dilingkungan dalam dan luar negri.

Sumber Mengajar
Dengan internet, guru mampu mengakses (mendapatkan) bahan (materi) rencana belajar mengajar untuk semua bidang pelajaran , serta metodologi belajar mengajar yang baru. Guru juga dapat mengumumkan dan berbagi sumber dengan rekan sejawat yang lain dalam hal kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan.
Sedangkan bagi siswa, internet menawarkan banyak kesempatan yang sangat membantu mereka dalam hal :
Belajar secara mandiri
Diantaranya adalah meningkatkan pengetahuan, belajar berinteraktif dan mengembangkan kemampuan di bidang penelitian. akan dilakukan

Memperkaya kemampuan diri
Terutama dalam hal meningkatkan komunikasi dengan teman siswa yang lain, dan mampu meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah yang ada di seluruh dunia (tidak terbatas pada masaah pelajaran saja).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar