BACA !!! KISAH KISAH TELADAN.......INSPIRASI HIDUP SEORANG MUSLIM

01 Mei 2009

3 Hal Yang Harus Anda Ketahui
Muhammad bin Sulaiman at-Tamimi

Ketahuilah semoga Alloh merahmatimu, sesungguhnya wajib bagi kita semua untuk mempelajari empat masalah penting :

Pertama: Ilmu, Yaitu mengenal Alloh, Mengenal Nabi-Nya, Dan mengenal agama Islam beserta dalil- dalilnya
Kedua: Mengamalkan ilmu
Ketiga: Mendakwahkan ilmu
Keempat: Bersabar terhadap ujian yang ada dalam itu semua

Di dalam Al-quran surat Al-'Ashr: 1-3 dijelaskan:




Demi Masa. Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Imam Syafi'i berkata: Seandainya Alloh hanya menurunkan surat ini sebagai hujjah atas makhluk-Nya
niscaya sudah cukup bagi mereka.

Imam Bukhori berkata: Ilmu lebih didahulukan sebelum perkataan dan perbuatan
Berdasarkan Firman Alloh Surat Muhammad: 19




Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.

Maka Alloh memulai dengan ilmu terlebih dahulu sebelum perkataan dan perbuatan
Ketahuilah semoga Alloh merahmatimu, sesungguhnya wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari tiga masalah ini serta mengamalkannya
Pertama: Sesungguhnya Alloh telah menciptakan kita, memberi rizki kepada kita, serta tidak membiarkan kita begitu saja, bahkan Dia mengutus kepada kita seorang rosul. Barangsiapa yang taat kepada rosul, dia masuk surga. Dan barangsiapa yang bermaksiat kepada rosul, dia masuk neraka.



Sesungguhnya Kami telah mengutus kepada kamu (hai orang kafir Mekah) seorang Rasul, yang menjadi saksi terhadapmu, sebagaimana Kami telah mengutus (dahulu) seorang Rasul kepada Fir'aun.
Maka Fir'aun mendurhakai Rasul itu, lalu Kami siksa dia dengan siksaan yang berat.
( QS. Al-Muzzammil: 15-16 )

Kedua: Sesungguhnya Alloh tidak ridho bila dalam kita beribadah kepadaNya Dia disekutukan dengan sesuatu apapun, meski seorang malaikat yang terdekat atau seorang nabi yang diutus.

Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah. ( QS. Al-Jin: 18 )
Ketiga: Sesungguhnya orang yang sudah mentaati rosul dan bertauhid kepada Alloh tidak boleh baginya untuk berwala' (loyal) kepada orang-orang yang memusuhi Alloh dan RasulNya, meskipun dia adalah kerabat yang paling dekat.

Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan[1462] yang datang daripada-Nya. Dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung. ( QS. Al-Mujadilah: 22 )

Ketahuilah semoga Alloh memberi petunjuk kepadamu untuk taat kepada-Nya, sesungguhnya agama lurus yang menjadi millahnya Ibrahim adalah engkau beribadah kepada Alloh semata dengan mengiklaskan agama itu untuk-Nya. Dengan itu Alloh memerintahkan seluruh makhluk dan untuk tujuan itulah Dia menciptakan mereka.

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Perkara terbesar yang diperintahkan Alloh adalah tauhid, yaitu mengesakan Alloh dalam seluruh ibadah.Sedangkan perkara terbesar yang dilarang Alloh adalah Syirik, yaitu beribadah kepada selain Alloh disamping beribadah kepada-Nya.
'

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, ( QS. An-Nisa':36 )

Apabila kamu ditanya: “Apakah tiga landasan utama yang wajib diketahui oleh setiap orang?”
Maka jawablah: “Seorang hamba wajib mengenal Rabbnya, agamanya, dan mengenal nabinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar